16 Adab dalam Berdoa

Assalamu Alaikum. wr. wb.

Pembaca Yang Budiman,

Tidak semua permohonan kita segera dikabulkan oleh Allah. Bisa saja pengabulan doa kita diakhirkan di akhirat atau bisa juga pengabulan doa tersebut di ganti dengan terhindarnya kita dari kejelekan. Selain itu, adab berdoa juga menjadi salah satu syarat dikabulkannya sebuah doa. Bagaimana mungkin sebuah doa akan dikabulkan Allah jika doa tersebut dipanjatkan tanpa tata krama dan sopan santun.

Oleh karena itu, supaya doa kita segera diterima dan di kabulkan oleh Allah swt, berikut ada beberapa adab yang perlu kita perhatikan dan kita laksanakan ketika berdoa antara lain:

  1.  Memperhatikan dan memanfaatkan waktu-waktu mulia, karena waktu tersebut mengandung keberkahan dan bisa mempercepat dikabulkannya doa. Misalnya Ramadhan dan hari Jumat
  2. Memanfaatkan situasi-situasi mulia, seperti pada saat berjihad di jalan Allah, ketika turun hujan atau antara adzan dan iqamat.
  3. Berdoa dengan menghadap arah kiblat, mengangkat kedua tangan dan mengusap wajah usai berdoa.
  4. Berdoa dengan suara lirih, antara samar dan keras.
  5. berdoa dengan merendahkan diri di hadapan Allah, khusyuk, dan penuh harap doanya akan dikabulkan, serta takut doanya tidak akan dikabulkan.
  6. berkenyakinan kuat bahwa doanya akan dikabulkan oleh Allah dan berprasangka baik kepadanya.
  7. bersungguh-sungguh dalam berdoa dan mengulang-ulang doa sampai tiga kali.
  8. membuka doa dengan zikir menyebut asma Allah dan bersalawat kepada Nabi Muhammad saw, begitu pula ketika menutup doa.
  9. tidak diperbolehkan bersajak secara berlebihan dalam berdoa. sebab ketika berdoa kita dianjurkan untuk merendahkan diri di hadapan Allah dengan khusyuk.
  10. berdoa dengan ikhlas karena Allah semata. Sebab, keikhlasan merupakan adab berdoa yang paling utama, yang menjadi sebab utama kemakbulan sebuah doa
  11. Sebelum berdoa, awalilah dengan berwuduh dan melaksanakan shalat sunah dua rakaat.
  12. Tidak berdoa untuk memohon sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Islam, seperti berdoa untuk suatu keburukan atau perboatan dosa.
  13. Menjauhi makanan dan minuman yang haram. 
  14. Tidak berdoa untuk keperluan dan kepentingan diri sendiri, keluarga atau harta bendanya saja, tetapi juga berdoa untuk kepentingan orang banyak.
  15. Jangan tergesah-gesah dalam berdoa dan memohon agar doanya segera dikabulkan.
  16. Bertobat kepaada Allah dan tidak berbuat zalim.
Itu beberapa Adab dalam berdoa. Agar apa yang kita inginkan cepat dikabulkan oleh Allah swt. Sebab hanya kepadanya lah kita memohon dan meminta bukan pada pohon angker, pemakaman angker. atau yang sejenisnya.

Wassalam . . . !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: