RAM dan Card Tambahan

1. RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan memory eksternal yang merupakan ruang untuk menyimpan data intruksi/perintah dari processor dan sifatnya sementara. Data intruksi/perintah yang hanya tersimpan pada saat PC sedang ON, sedangkan ketika PC OFF secara otomatis data intruksi/perintah. Kapasitas RAM dapat ditingkatkan, karena itulah RAM juga menentukan kecepatan proses suatu PC selain processor.

a. Jenis RAM

Dalam perkembangannya, terdapat beberapa jenis RAM yang disesuaikan dengan slot yang terdapat pada motherboard.

Jenis-jenis RAM sebagai berikut;
- SDRAM (synchroous random access memory)
- DDR SDRAM (double data rate SDRAM)
- DDR2 SDRAM (double data rate SDRAM)
- DDR3 SDRAM (double data rate SDRAM)

2. Card Tambahan

Card tambahan merupakan sebuah card/kartu yang digunakan apabila pada motherboard belum tersedia port yang digunakan untuk menghubungkan dengan peripheral lain (port on-board). Card tambahan juga dapat digunakan apabila port on-board pada motherboard mengalami kerusakan. Beberapa contoh card tambahan yang sering digunakan adalah VGA card, sound card, LAN card, dan lain sebagainya.

a. VGA card

VGA Card merupakan card yang digunakan untuk menghubungkan antara PC dengan monitor. Pemasangannya pada motherboard harus sesuai dengan jenis slot yang ada pada motherboard. Misalnya, VGA card AGP harus terpasang pada slot AGP. Untuk generasi terbaru, card VGA menggunakan PCle, yang berarti bahwa VGA card tersebut harus terpasang pada slot PCle pada slot motherboard.

Beberapa istilah pada VGA card diantaranya adalah
- GPU / Chipset
- Core Clock
- Memory Clock
- RAMDAC (RANDOM ACCESS MEMORY DIGITAL TO ANALOG CONVERTER)
- RAM
- Resolusi
- Refresh rate
- AGP
- PCle (PCI Express)
- API (Application Program Interface)
- OpenGL
- DirectX

b. Sound Card

Sound card digunakan untuk mengolah dan menghasilkan suara. Sebuah sound card memiliki output yang terhubung ke speaker. Sound card juga sering disebut audio card, adalah periferal yang terpasang ke slot PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan mengantarkan data berupa suara. Bagusnya suara tak hanya ditentukan dari sound card saja, tetapi tergantung pula pada speaker yang digunakan. Kalau sound card yang digunakan sudah dilengkapi dengan kemampuan surround, padahal speaker yang ada hanya jenis stereo saja, maka efek suara yang dihasilkan sound card tidak akan maksimal. Apabila sound card sudah mendukung 5.1 channel, sebaiknya kombinasikan pula dengan speaker yang memiliki jumlah channel yang sama.

c. Ethernet card/LAN card

Ethernet card adalah card yang dipasang di slot PCI pada motherboard agar pc yang digunakan dapat berkomunikasi dengan pc lainnya melalui jaringan LAN (local area network). Setiap ethernet card memiliki MAC address (medium accesa control) yang bersifat unik, yang berarti tidak ada dua ethernet card yang memiliki MAC address yang sama. Sedangkan untuk media penghubung digunakan kabel. Ethernet card menentukan kecepatan transfer data. Satuan yang digunakan adalah Mbps (mega byte per second). Artinya, kartu jaringan tersebut dapat melakukan transfer data sebanyak x megabyte dalam detiknya. Saat ini ada tiga kecepatan transfer pada ethernet card yaitu 10 Mbps, 100 Mbps, dan 1000 Mbps (1Gbps).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: